Beranda Radar News

Zaiful Bukhori Tanggapi Persoalan Usai Pilkades

173
0
BERBAGI
LAMPUNG TIMUR
Sejumlah persoalan terjadi usai Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) yang di lakukan secara serentak pada 112 Desa di Kabupaten Lampung Timur. Hal tersebut mendapat tanggapan dari Wakil Bupati Lampung Timur Zaiful Bukhori. Salah satunya persoalan pilkades di Desa Gunung Tiga, Kecamatan Batanghari Nuban, Kabupaten Lampung Timur.
Ia mengatakan, pada prinsipnya pilkades di Lamtim sudah berjalan dengan baik namun ada persoalan-persoalan yang di sisakan, seperti yang ada di desa Gunung Tiga, Muara Jaya, Mataram dan Mulyo Sari.
Ia melanjutkan, pihaknya telah menerima laporan adanya  sejumlah persoalan terkait Pilkades. Diantaranya persoalan dugaan money politik (politik uang) dalam kemenangan salah satu oknum calon kepala Desa Gunung Tiga.
“Sejumlah persoalan terkait laporan Pilkades sudah kami terima, salah satunya dugaan money politik di desa Gunung Tiga,”jelas Zaiful Bukhori di ruang kerjanya, Kamis (07/12/2017).
Masih di katakannya, Acuan dari pilkades adalah Peraturan daerah (Perda) dan peraturan Bupati (Perbub). Jika memang ini money politik maka harus jelas, siapa yang memberi dan siapa yang menerima, dan sangkutan dengan calon terpilih itu apa.
“Contoh tuntutan warga gunung tiga di duga dilakukan iknum kepala desa terpilih melakukan money politik. Dan ini harus di dasari dengan perbub. Ada aturan yang mengatur pilkades yaitu perbub, sementara ini belum ada perbub yang mengatur money politik,” jelasnya.
Kedepan pemerintah Lampung Timur melalui pihak terkait akan melakukan perbaikan pada perbub agar hal serupa tidak terjadi lagi.
“Tadi saya sampaikan kepada Kabag umum dan Asisten I serta kepala Dinas PMD akan bersama melakukan perubahan pada Perbub,” ucapnya.
Ia menghimbau, bagi Tim maupun peserta Pilkades yang belum terpilih agar tetap berlapang dada, karena masih banyak hal penting yang lebih baik untuk dilakukan.
“Ada yang lebih penting untuk dilakukan, bukan hanya Pilkades saja tetapi tentang kebersamaan dan persatuan,” ungkapnya. (ris)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here