Beranda Radar News

Lamtim Peringati Hari HKN Ke-53

43
0
BERBAGI
Sukadana
Pada tahun 2017 ini, tepatnya tanggal 12 November, Kabupaten Lampung Timur memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang ke 53. Tema HKN kali ini adalah “Sehat
Menurut Bupati Lampung Timur Chusnunia Chalim melalui Plt Kadis Syamsurijal, SH, MM mengatakan di ruang kerjanya (selasa 5 desember 2017) dengan membawa Tema tersebut sejalan dengan Program Indonesia Sehat melalui Pendekatan Keluarga dimana keluarga menjadi awal untuk mendorong masyarakat yang mandiri untuk hidup sehat.
Puncak HKN Kabupaten Lampung Timur yang akan dilakasnakan pada hari ini Kamis, 6 Desember 2017 dengan agenda kegiatan Bhakti sosial donor darah dan beberapa perlombaan di antaranya Senam Gibat Gibut, Senam Tobelo, Lomba Bakiak, dan lain-lain.
Mulai tahun 2016 Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Timur melaksanakan proses akreditasi FKTP pada 10 Puskesmas dengan hasil kelulusan 100% dengan  3 Puskesmas lulus dengan kreteria Utama dan 7 Puskesmas lulus dengan kreteria Madya. Pada Tahun 2017 rencana yang akan dilakukan survei akreditias sebanyak 14 Puskesmas, sampai dengan bulan Novmber sudah 10 Puskesmas yang dilakukan survei dan 4 Puskesmas menunggu jadwal survei dari tim survei Kementrian Kesehatan. Dan pada tahun 2018 akan dilakukan suvai sebanyak 10 Puskesmas yang prosesnya sudah dimulai sejak bulan November 2017, sehingga diharapkan pada Tahun 2019 seluruh 34 Puskesmas dikabupaten Lampung Timur terakreditasi.
Sebagai Kegiatan unggulan pada Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Timur diantaranya kegiatan Jumat Sehat, Minggu Sehat dan purnama sehat, antara lain setiap Jumat, Sabtu dan Minggu
Jumat sehat dipelataran masjid, Minggu sehat di gereja dan purnama sehat di pura dilaksanakan secara berkala setiap satu pekan sekali.
Selain itu Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Timur juga mempunyai Program Indonesia Sehat Dengan Pendekatan Keluarga, Program Indonesia Sehat dilaksanakan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat
Pelaksanakan Program Indonesia Sehat diselenggarakan melalui pendekatan keluarga. Integrasi upaya kesehatan perorangan (UKP) dan upaya kesehatan masyarakat (UKM) secara berkesinambungan, dengan target / focus keluarga, berdasarkan data dan informasi dari Profil Kesehatan Keluarga.
Pendekatan keluarga adalah salah satu cara Puskesmas untuk meningkatkan jangkauan sasaran dan mendekatkan/meningkatkan akses pelayanan kesehatan di wilayah kerjanya dengan mendatangi keluarga.
Layanan HIV-AIDS di Kabupaten Lampung Timur LKB-PDP ada 3 Lokasi Puskesmas Yang Sudah Terbentuk  Layanan Komprehensif Berkesinambungan ( LKB ) adalah Puskesmas Tambah Subur, Brojoharjosari dan Mataram Baru, dan Klinik Visitis berjumlah 35 Lokasi.
Pada Tahun 2018 Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Timur Akan melaksanakan Kampanye  Measles Rubella (MR)  Tahun 2018  dengan Sasaran Kabupaten Lampung Timur : ± 276.000  sasaran kegiatan tersebut akan dilaksanakndi seluruh wilayah Lampung Timur (34 puskesmas) Tahap pertama bulan Agustus 2018 untuk anak sekolah, Tahap kedua pada Bulan September 2018  untuk anak yang belum/tidak bersekolah yang dilaksanakan di pelayanan di Posyandu, Puskesmas serta faskes (RS, klinik dengan Target capaian : 95% dari jumlah sasaran.
Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) merupakan Suatu tindakan yang sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan  berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup dengan beberapa kegiatan diantaranya .  Melakukan aktivitas fisik, Mengonsumsi sayur dan buah, Tidak merokok, Tidak mengonsumsi alkohol, Memeriksa kesehatan secara rutin dan Membersihkan lingkungan
Pelaksanaan Germas dilakukan seluruh  Puskesmas diwilayah kerja Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Timur.  (ris)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here