Beranda Radar News

Investor Malaysia Kunjungi Lahan Tanaman Buah Lampung Timur

51
0
BERBAGI
SEKAMPUNG UDIK
Bupati Lampung Timur, Chusnunia Chalim beserta rombongan investor dari Malaysia mengunjungi lahan tanaman buah naga dan jeruk di Desa Bumi Mulyo, kecamatan Sekampung Udik, Kabupaten Lampung Timur, Selasa petang (05/12/2017).
Seperti yang kita tahu, buah naga disebut juga Kaktus Manis, atau Kaktus Madu terbilang buah yang baru di kenal di Indonesia. Buah naga ini mulai dikembangkan di tanah air, serta memiliki peluang besar untuk disebarluaskan.
Buah naga termasuk dalam keluarga tanaman kaktus dengan karakteristik memiliki duri pada setiap ruas batangnya. Mengenai manfaat buah  naga   bagi kesehatan sudah tidak diragukan lagi, utamanya untuk menurunkan kolesterol, mencegah diabetes melitus, mencegah kanker, meningkatkan kekebalan tubuh, merawat kulit dan lain sebagainya. Ini menjadikan komoditi buah naga sebagai  komoditi yang prospektif untuk ditumbuh kembangkan.
Sedangkan jika berbicara tentang jeruk, tanaman jeruk adalah tanaman buah tahunan yang berasal dari Asia khususnya Cina yang di percaya sebagai tempat pertama kali jeruk tumbuh.
Jeruk merupakan  tumbuhan berbunga anggota marga Citrus dari suku Rutaceae (suku jeruk-jerukan). Dan mengenai manfaatnya tentunya banyak sekali seperti menurunkan risiko stroke, menurunkan tekanan darah, mencegah kanker, menjaga kesehatan jantung, dan mencegah kerusakan kulit.
Dalam kunjungan tersebut, Bupati Lampung Timur didampingi oleh Kepala Bidang Tanaman dan Pangaan Hultikultura, Amin Sunardi, S.E., Sekretaris Camat Sekampung Udik, Drs. Rahim, Lurah Bumi Mulyo, Hermanto bersama dengan rombongan pengusaha dari Negeri Jiran, Malaysia mereka adalah, Amin Iskandar selaku penerjemah, dan Prancis ONG, Wilfred NG, Teoh Peak Shee, Darren Pawh, Rebecca Ho selaku investor.
Menurut Kabag Humas Sekretariat Daerah Kabupaten Lampung Timur, Mujianto, “tujuan utama dari kunjungan tersebut  ialah meninjau langsung lokasi lahan tanaman buah naga dan buah jeruk, untuk mengetahui iklim, tingkat kesuburan tanah, kualitas buah yang dihasilkan, sekaligus melihat prospek atau harapan kedepannya terhadap tanaman tersebut,” tuturnya.
“Karena jika memungkinkan, kedepannya para investor tersebut akan mendirikan pabrik di daerah Kabupaten Lampung Timur,” sambung mantan Kabag Protokol dan Kabag Perekonomian tersebut.
Lahan buah yang beruntung didatangi ialah lahan buah milik Mislan, dengan luas lahan buah naga kurang lebih setengah hektar dengan jumlah 1.000 batang dan lahan buah jeruk dengan luas satu hektar. (ris)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here