Beranda Radar News

Remaja Putri Diberi Tablet Penambah Darah

51
0
BERBAGI
SUKADANA – Peningkatan derajat kesehatan masyarakat tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah saja, tetapi juga perlu partisipasi nyata dari masyarakat. Sehingga diperlukan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS), agar masyarakat secara sadar menggiatkan diri dengan perilaku hidup bersih dan sehat.
Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Timur pada Kamis 09 November 2017, mengadakan acara GERMAS di Lapangan Merdeka Kecamatan Mataram Baru yang di pimpin langsung oleh Bupati Lampung Timur Chusnunia bersama Sekretaris Dinas Kesehatan, Samsu Rijal, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan, Nila Tanjung, Pabung 0411/LT, Mayor Kav. Joko Subroto,  Camat Mataram Baru, Siswanto, Kepala Puskesmas Mataram Baru, Sriyati dan para kepala desa se-Kecamatan Mataram Baru.
Adapun rangkaian inti dalam acara GERMAS tersebut ialah jalan sehat, senam bersama, yoga, demonstrasi Mozaik Germas, demonstrasi Cuci Tangan Pakai Sabun dan makan buah bersama.
Dikatakan Chusnunia dalam acara itu, “saya hanya ingin menyampaikan soal kesehatan di Lampung Timur ini, kita masih harus bekerja keras untuk menaikan derajat kesehatan, yaitu dengan bagaimana gerakan masyarakat hidup sehat ini menjadi budaya di Lampung Timur khususnya di Kecamatan Mataram Baru”.
“Saya menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat jangan sembarangan makan, tidur yang cukup, makan-makanan sehat, sebanyak mungkin makan sayur dan buah-buahan. Kalau mau hidup sehat maka pola hidupnya juga harus sehat”, paparnya Chusnunia.
Pada kesempatan itu,  juga diadakan pemberian secara simbolis makanan tambahan Bumil KEK (Ibu Hamil Kurang Energi Kronis) dan Balita Kurang Gizi.
Tak ketinggalan pula ada kegiatan Donor Darah, Lomba Mewarnai, Khitan Anak Yatim, Pemasangan KB Implan, Pelayanan Bumil Resti oleh Dokter Spesialis Kandungan, Bazar Buku Murah dan penanda tanganan dukungan GERMAS.
Selain memberiakan Sertifikat ODF Tingkat Kecamatan dan pemberian tablet tambah darah untuk remaja putri, Chusnunia juga memberikan ucapan selamat kepada Kecamatan Mataram Baru atas prestasinya dalam mewujudkan desa-desanya masuk dalam kategori ODF.
ODF adalah singkatan dari Open Defecation Free atau kawasan bebas buang air besar sembarangan. (ris)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here