Beranda Radar News

Pemerintah Kabupaten Lampung Timur Melakukan Evaluasi APBD Tahun 2017

103
0
BERBAGI
SUKADANA
Guna mencapai target pembangunan yang telah dicanangkan sekaligus meningkatkan akselerasi pembangunan, Pemerintah Kabupaten Lampung Timur melakukan evaluasi penyerapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2017 di Aula Sekretariat Daerah, Rabu (22/11/2017).
Hadir mendampingi Syahrudin Putera selaku Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Timur dan pimpinan acara itu, Inspektur Kabupaten Lampung Timur, Nurdin Sifrizal, serta Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Junaidi.
Dalam acara yang juga dihadiri oleh para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan Pemerintah Kabupaten Lampung Timur tersebut, terungkap bahwa penyerapan anggaran sampai dengan Oktober 2017 baru mencapai 51,35% atau 1.11 triliyun lebih dari pagu total 2,16 triliyun lebih.
Ditekankan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Timur itu, bahwa serapan 51,35% menjadi catatan kinerja yang perlu diperbaiki.
“Ini seakan menjadi kontraproduktif, di satu sisi kita berlomba lomba mencari anggaran ke pusat, tapi dalam kenyataannya anggaran yang ada belum terserap,” tuturnya.
“Ini sangat penting, jangan sampai nanti tidak terserap dengan baik, sehingga berdampak kurang baik juga bagi Cash Flow (arus kas) kita. Dan ini akan menjadi sebuah kegalauan kita yang bisa berdampak kurang baik bila tidak segera diperbaiki serapannya,” tandas Syahrudin.
Lanjut Syahrudin, terkait dengan target pendapatan daerah, “Capaian PBB (Pajak Bumi dan Bangunan) mesti 100%, kalo tidak bisa over target harus 100% tidak alasan lain, karena bagi saya ini prinsip. Ini kehormatan kita dan kewibawaan kita di daerah tempat kita berkerja”, tekannya kepada para camat se-Kabupaten Lampung Timur yang hadir.
Pada kesempatan yang sama, masih terkait target Pendapatan Asli Daerah (PAD), Kepala Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Lampung Timur, Mustakim yang juga hadir pada acara itu menyatakan, “target penerimaan sebesar 34,7 milyar mudah-mudahan sampai dengan 31 Desember minimal 100% bisa terealisasi, karena saat ini realisasi sudah mencapai 32,4 milyar”, ungkapnya mantan Kadis DPPKAD tersebut.
Lebih lanjut Mustakim juga meminta kepada para pemangku kepentingan sumber pendapatan asli daerah khususnya para camat untuk dapat lebih mendorong upaya merealisasikan pencapaian target pendapatan PBB 100% diwilayah kerjanya masing masing. (ris)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here