Beranda Nasional

930 Wisudawan dan Wisudawati UM Metro, Resmi Dikukuhkan

37
0
BERBAGI

UM Metro Sukses Mewisuda 930 Mahasiswa

METRO – Sebanyak 930 wisudawati dan wisudawan dikukuhkan oleh Universitas Muhamadiyah (UM) Metro, Kamis (16/11/2017). Diantaranya terdiri dari 96 program magister 96, 750 mahasiswa mendapatkan gelar sarjana, dan 84 mahasiswa ahli madya. Acara wisuda yang digelar di halaman UM Metro ini berlangsung khidmat dan lancar.

Prosesi wisuda juga dihadiri langsung oleh Koordinator Kopertis Wilayah II Prof.Slamet Widodo, Rektor UM Metro Prof. Dr. Karwono, M.Pd., Ketua Majelis Dikti PP Muhammadiyah, Gubernur, Ketua PW Muhamamdiyah, Walikota, Ketua DPRD, pimpinan PTS dan PTN, serta sesepuh dan tamu kehormatan lainnya.

Dari data yang dihimpun Radar Metro, sejauh ini UM Metro telah memberikan kontribusi dalam proses pembangunan bangsa yakni telah meluluskan 15.441 lulusan. “Dengan predikat Magister, Sarjana dan Ahli Madya yang melekat pada diri saudara, sebagai lulusan UM Metro adalah intektual perguruan tinggi yang bernafaskan Islam, tentu harus memiliki perbedaan dalam bertindak, bersikap, maupun bergaul jika dibandingkan dengan mereka yang bukan lulusan perguruan tinggi Islam,” kata Rektor UM Metro, Prof. Dr. Karwono, M.Pd., saat memberikan sambutan, Kamis (16/11/17).

Lebih dari ini, lanjutnya, saudara juga memikul tanggung jawab sosial. Secara sederhana, suatu tanggung jawab sosial merupakan sebuah komitmen untuk merespons permasalahan sosial. Tetapi seorang Magister, Sarjana, dan Ahli Madya yang dididik di Perguruan Tinggi Muhammadiyah memiliki tanggung jawab sosial yang lebih besar, dalam rangka mengintegrasikan nilai-nilai Islam dalam setiap tataran dan bidang kehidupan.

“Kekuatan ini akan menjadi bernilai tinggi bila digunakan untuk kepentingan kemanusiaan dan kemashalatan sosial. Janji Allah terhadap orang yang berilmu, bahwa Allah akan mengangkat derajat orang yang beriman dan berilmu pengetahuan pada derajat yang lebih tinggi,” ungkap guru besar UM Metro tersebut.

Masih dengan Prof. Dr. Karwono, M.Pd., tetapi di balik ini semua ada satu prinsip yang penting untuk digaris bawahi. Keberhasilan yang bermakna adalah keberhasilan yang membawa kebaikan bagi orang lain. Mereka yang membawa kebaikan bagi masyarakat, pastilah orang-orang yang berhasil.

Karwono juga menghimbau kepada mahasiswa agar senantiasa menghargai hak-hak orang lain untuk mengantisipasi watak korup di dalam diri wisudawan. “Realitas sosial yang ada, kita akan dapati bahwa tidak semua orang meraih keberhasilan dengan membawa kebaikan bagi orang lain. Ada sebagian orang yang meraih keberhasilan dengan cara memperdaya dan mengeksploitasi orang lain. Oleh karena itu, jika sifat kepedulian terhadap sesama dan tanggung jawab sosial sudah melekat pada diri kita, hal ini menjadi sebuah vaksin penangkal virus korupsi,” tukasnya. (suf)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here